Dosen Fakultas Pertanian Laksanakan Pengmas Guna Tingkatkan Wawasan Wanita Pesisir Dalam Pengolahan Hasil Laut

PAMEKASANuim.ac.id – Dosen Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Islam Madura (UIM) menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) bertempat di Balai Desa Galis Pamekasan, Rabu (9/3/2023).

Kegiatan yang mengusung tema “Penguatan Ekonomi Melalui Pemberdayaan Wanita Pesisir Tentang Pengolahan Hasil Laut di Desa Galis Gili Genting, Kabupaten Pamekasan” ini dihadiri oleh Kepala Desa Galis, Perangkat Desa, dosen Faperta UIM, dan puluhan wanita pesisir.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan wanita pesisir dalam pengolahan hasil laut. Kepala Desa Galis berharap, melalui kegiatan pengabdian ini dapat memberikan wawasan lebih kepada wanita pesisir untuk lebih kreatif dalam mengolah hasil laut.

“Harapan kami tentu melalui pengabdian ini ibu-ibu bisa mengolah hasil perikanan menjadi produk yg memiliki nilai jual lebih, selain itu juga ibu-ibu di Desa Galis ini bisa melakukan pengemasan, labeling, dan pemasaran sendiri,” pungkasnya.

Dekan Fakultas Pertanian, Soimus Sholeh, MP sangat mendukung kegiatan Pengmas yang dilakukan oleh dosen pertanian ini. Sebab menurutnya, Fakultas Pertanian dapat memiliki desa binaan sesuai dengan potensi yg dimiliki dosen di Fakultas Pertanian

Pihaknya juga berharap, dengan adanya kegiatan pengmas ini akan ada tindak lanjut dan pendampingan terkait pengurusan legalitas produk hasil perikanan dan pemasaran produk dengan pemanfaatan media sosial. (Ila) 

Leave a Reply